Cari Blog Ini

Rabu, 27 Juni 2012

Alasan buat (tersenyum) pagi ini


Siang ini, 15 menit setelah mendapat pesan BBM dari si kebo tentang nilai IPK yg udah keluar. Gue ikut bangga, anak manja seperti dia pun bisa mendapat nilai yang menurut gue lumayan tinggi.

“kambing nilai akhir udah keluar, IPK ku 3.20 Alhamdulilah”

“waw selamat ya, ciee hahaa…”

“ya walaupun gak cumlaude, tapi bangga ko. Yg penting diatas tiga”

“lumayan itu udah tinggi, makan-makan yess”

lalu bbman itu berbuntut panjang, dengan pembicaran kita yang memang gak ada batasan. Kadang lucu, sesekali gue skrool ke atas threadnya karena semakin jauh pembicaraan kita itu gak focus alias bercabang. Itu yang ngebuat pembicaraan kita gak ada abisnya sih emang hahaa.. entahlah.

Tiba-tiba sohib gue satu ini BBMin gue dengan tiga tanda seru (!!!) baru kali ini dia begitu. Gue tau maksudnya it adalah penegasan alias kudu, harus, wajib dan dia gak mau tau.

“Mbing, pas wisuda gue, lo wajib dateng ya !!!”

Gue kaget bacanya, hahahaa.. beberapa detik sempet mikir. Gila dia wisuda pasti di gedung itu (Balairung) kampus UI, mateeek… itu gedung impian gue. Dulu ibu gue pernah bilang “kalau kamu gak bisa wisuda disana kaya mas Yunan, setidaknya ibu bisa liat kamu wisuda aja udah seneng. Dimana aja” tiba-tiba gue inget sama kuliah gue yang sampe sekarang belom beres. Nyesek, pengin nangis. Gue baru sadar, kado yang paling indah buat ultah ibu gue di usia ke 45 mungkin itu, yah ngeliat gue wisuda. 2 tahun lagi, 2014. Waktunya mepet. Sudahlah.. terus gue mikir mungkin aja gak dibalairung, kalau emang disana gue bakalan usahain gimana caranya gue gak nemenin si kebo wisuda.

“Ngapain?”

“Ya datenglah, nyenengin gue”

“Gue mau apa disana, kaya orang bego”

“Ko lo gitu sih? Ya gak lah, pokoknya lo wajib dateng Mbiiing!”

“Dimana, gue kesana ama siapa?”

“ya sama gue lah, di Balairung”


Go to hell… Damn it, suer balesan bbmnya si kebo ini ngejleb banget. Rasanya tu kaya ditusuk make tombak. Ngiri, dan ahh… speechless pokoknya. Gue putusin gue gak mau nemenin kebo, soalnya… hufft. Kalian tau lah atmosfir disana bakal gimana, dan gue pasti bakalan emosional bgt, bisa tumpah ruah gue disana.


“Gue kan gak punya kemeja”

“Kan lo ada Blazer”

“itu udah bulukan”

“aaaa….!!!”

“bbbb…!!!”


Terus untuk waktu beberapa saat, dia gak bales. Gak tau dia lagi ada pasien atau emang dia ngambek. Dia kalau ngambek bahaya, apa aja bisa dimakan. Remot tipi, hair dryer, laptop juga dimakan. Gue sih takutnya dia makan pasien itu aja hahaa. Oke ini lebay hahaaa. Yaah saat itu gue Cuma bisa menduga-duga. Setelah beberapa menit BB gue akhirnya bergetar lagi.

“Pokoknya lo harus dateng Mbiing, nama lo kan ada di TA gue jadi lo wajib dateng”
“hahaa.. insyallah yaa, lo make nama gue bayar kaga”

“Insyallahnya 99% dateng kan?”


Wow go to hell… ini penekanan. Damn it.. Si kebo bisaanya kalau gue ajak becanda dia nyambut. Ini dia focus banget ama topic ini. Jarang dia begini, konsisten dan bertujuan. Bbman kali ini penuh misi. Gue gak nyangka aja dia serius banget. Gue jadi berfikir buat ngebunuh ego gue sendiri dan dateng nemenin dia wisuda. 


“Hari apa emang?”

“8 atau 9 September, sabtu atau minggu kan itu. Lo gak kerja kan? Jadi, bisa dateng dooong”

“gak sih, tapi kalau gue lagi diluar kota ya maap”

“tapi lo kan gak pernah keluar kota pas weekend Mbiing”

“hahaa… iya sih”

“Nah kan! Mau cari alesan apa lagi lo? Ga mau tau! Pokoknya lo dateng!”

“ya insyallah”

“iya, bilangnya insyaallah dateng dong Mbiing”

“Iyeeee, Insyaallah gue dateng”

Finally, gue putusin buat jawab “Insyallah gue dateng” dengan real. And then, pelajaran hari ini yang gue dapet adalah. Jangan ke”Doktrin” sama sesuatu yg gak bisa lu dapetin. Tuhan selalu ngasih cara terbaik buat kita tau, paham dan mengerti bagaimana hukumNya berjalan. Bukan gue memang yang wisuda disana September tahun ini, tapi kebo sahabat gue. Mungkin nanti keluarga gue, sahabat2 gue yang lain bahkan mungkin nanti anak-anak gue wisuda disana Amieen.. 


Kata ibu gue, senyum yang membuat airmata hangat. Bagi gue, itu satu alasan sederhana untuk tersenyum sekali lagi.

Selalu ada alasan untuk tersenyum. Selalu.

Selamat ya kebo.







2 komentar:

  1. “Gue kan gak punya kemeja”
    “Kan lo ada Blazer”
    “itu udah bulukan”
    yg ini paling kocaaakkk.. n tengkyu dah buat gw senyum2 sendiri siang ini..
    => ayo cepetan wisudaaa!!

    BalasHapus
  2. hahahaa... sama2 kacrut... doanya saja yaa

    BalasHapus